Semua Berawal dari Sebuah Formulir…

Itu yang diomongin mbaknya waktu reorientasi…

Gak kebayang bisa ampek Jepang!!

Tapi alhamdulillah dapet yang dua minggu, coz kalo dapet yang satu tahun, aku gak bakalan bisa pelatnas…

Moga-moga aku bisa masuk 4 besar n pergi ke Jepang lagi, amin…

(kacau balau ya, mulai dari awal deh)

Jadi kisahnya bermula dari sejak selesainya seleksi YBA tahap ketiga, Diskusi Kelompok. Itu sekitar tahun 2007 apa awal 2008 ya? Udah lupa aku, pokoknya waktu aku masih kelas X. Katanya pemberitahuannya bakal lama, atau mungkin diberitahukan saat kami udah lupa kalo kami pernah ikutan seleksi kayak gituan. Huaaah… pasrah deh…

Waktu TC2, Training Center kedua oleh provinsi Jawa Tengah buat anak-anak yang maju OSN 2008 Makassar, Juli 2008, terdengar berita dari Kevin Mandira Limanta bahwa kami berdua lolos untuk maju ke seleksi nasional JENESYS ke Jepang, tapi belum pasti berangkatnya… (ya ampun Vin, waktu itu aku lagi galau ngurusin sinetron cinta segitiganya anak Bio Jateng season 1 ma pusing namatin Campbell, kamu bagaikan cahaya dari langit datang membawa berita itu!).

Tapi habis itu gak kedengeran kabarnya lagi. Pada hura-hura aja waktu di Makassar. Aku bener-bener lupa waktu itu kalo aku lagi diseleksi di tingkat nasional. Ya ampun, OSN masuk, pertukaran pelajar lolos, aku keren banget nggak sihh?? Alhamdulillah wa syukurillah, waktu itu aku ngerasa Allah SWT sayang benjit ma aku…

Habis itu, aku dengan luar biasanya masuk Pelatnas TOBI (Tim Olimpiade Biologi Indonesia, buat mereka yang nggak tau) untuk seleksi 32 besar. Lumayan ambisius waktu itu pengen masuk 12 besar n alhamdulillah kesampean. Pada suatu hari di antara tiga minggu itu, ada SMS memberitahukan bahwa “…Sabhrina Gita Aninta…lolos program JENESYS ke Jepang selama 2 minggu…”

Waw…

(speechless)

(aku masih inget bahwa saat itu aku ada di aula tempat lecturingnya anak TOBI, bareng ma hampir semua anak Jakarta yang lagi begadang di situ. Kayaknya terus aku dengan hebohnya ngasih tau Kak Anjar kalo aku bakal ngeduluin anak2 TOBI ke Jepang…hehehe…)

Tapi, kegembiraan tidak berlangsung lama…

Selang sehari setelah itu, katanya aku haris segera ke Chapter Papandayan Semarang untuk ambil formulir aplikasi lanjutan yang harus diisi dan dikirim ke kantor pusat AFS tiga hari lagi!!

(SMS Qterima hari Jumat malam dan formulir itu harus sampai hari Senin,,tugas TOBI benjit gak c?)

Huahh… gimana nggak panik?

Aku di depan ruang makan sibuk mondar-mandir telpon petugas chapternya cari cara untuk mendapatkan formulir itu, mengisinya, lalu mengirimkannya hingga sampai di tujuan dengan selamat. TIKI kayaknya nggak mungkin banget, terus gimana dunz?

Truz terlintas sebuah kata yang indah namun kemungkinannya menyeramkan…

Fax.

Wisma Kartini itu ada sekolahnya, masa gak punya fax c? Buru-buru aku tanyain… n alhamdulillah ternyata ada!

(proses selanjutnya terlalu pahit untuk dikenang jadi aku langsung aja…)

Formulir udah nyampe di aku, aku udah isi, terus Senin dibantuin ngirim sama pak Dedi ke Tiki. (Bandung-Jakarta nyampek sehari kan?)

Aku kira urusanku udah selesai, tapi ternyata…

Aku harus ngurus n ngirim paspor di hari di mana aku masih di Bandung…

Akhirnya nyerah deh, itu nggak mungkin banget. Aku telepon Kak Sari, koordinator sending-nya, minta keringanan karena ada kegiatan yang menyangkut nama bangsa (lebay ah…).

N alhamdulillah dapet keringanan…

(aku sebel banget waktu itu, rasanya semua serba harus cepet n mendadak)

Pulang dari Bandung, langsung aku ngurus paspor dan ngurus semua hal yang kubutuhkan untuk itu (salah satu prosesnya bisa dibaca di http://t0p4z.blog.friendster.com : A training to be a backpacker…)

Huff,, tarik nafas dulu…

One thought on “Semua Berawal dari Sebuah Formulir…

Leave a Reply

