Konservasionis Galak, Perlukah?

Metode totalitarian sangat efektif untuk memastikan keberlangsungan kebijakan. Ketika metode itu melindungi hutan dan isinya dengan lebih efektif, apakah menjadi diktator demi konservasi diperlukan?

Advertisements

Wajah Baru Nasionalisme

Saya dan kebanyakan lingkar pertemanan saya begitu muak dengan istilah "pribumi" yang begitu diumbar tahun ini sehingga mungkin akan ada yang menganggap yang kayak kami begini "pengkhianat". Dengan globalisasi dan masyarakat ekonomi ASEAN kita masih mau bersaing pake nasionalisme? Ngga banget. Belum lagi capres usungan oposisi untuk pilpres 2019 menggaungkan "anti-impor". Apa mungkin? Nasionalisme yang … Continue reading Wajah Baru Nasionalisme

Membandingkan Mantan dengan yang Sekarang

Jika pembaca sekalian melakukan apa yang saya tulis di judul, bisa dipastikan pembaca sedang tidak bahagia dengan "yang sekarang". Mau itu mantan pacar, mantan suami, mantan presiden, mantan atasan, dan mantan-mantan lain dalam hidup. Ketika atasan mulai menjejali hidup dengan tambahan kerja tanpa apresiasi, saya mulai memikirkan betapa indah bekerja dengan atasan sebelumnya. Ketika pacar … Continue reading Membandingkan Mantan dengan yang Sekarang

Kenapa Kita Mengenal Cinta?

Itu pertanyaan temenku akhir-akhir ini di kelas. Anak berkerudung yang satu itu sering curhat sama aku akhir-akhir ini karena ada cowok non-muslim yang ngedeketin dia. Nanyain hal yang sama terus-menerus. Kadang ada jawabannya, kadang nggak. Suatu hari dia ngomongin jawabannya ke aku... Tapi hari berikutnya dia lupa. Kalo cinta yang dimaksud secara umum, kenapa kita … Continue reading Kenapa Kita Mengenal Cinta?